Sabtu, 12 Maret 2011

Lima Jurus Menjadi Orangtua

Sebelum mempunyai anak, sebaiknya perhatikan beberapa tips untuk menjadi orangtua dari Dra. Mira D. Amir, Psikolog LPT. UII

1.Relasi Pasangan Istri-Suami

Inilah fondasi utama menjadi orangtua. Sikap saling memahami dan menerima pribadi yang berbeda satu sama lain, juga baik-buruk mempengaruhi kesepakatan pola asuh bagi anak.

Hal ini tercermin dari; apakah istri-suami memeliki hubungan pernikahan yang saling mencintai?, apakah sama-sama memiliki harapan memiliki anak?, apakah mempunyai keyakinan membesarkan anak?

Bila salah satu entah itu istri/suami masih merasa cemas, itu berarti anda berdua belum siap menjadi orangtua. Kalaupun dipaksain tetap mempunyai anak, dia tumbuh menjadi anak yang tidak siap mental, justru akan mempengaruhi pola hidup anak ketika dia dewasa.

Sebaliknya bila anda berdua merasa bahagia dan siap menerima tantangan menjadi orangtua, itulah saat tepat anda menjadi orangtua.

2. Berbagi Tanggung Jawab

kalo dulu suami-istri hanya memikirkan aktivitas masing-masing kini anda berdua mengedepankan kebutuhan anak. misalkan saat istri sudah lelah mengurusi bayi, suami membantu istri seperti: mengganti popok atau menenangkan bayi saat menangis.

Bila sejak awal ada pembagian tanggung jawab niscaya istri-suami tidak saling menyalahkan bila terjadi sesuatu pada anaknya.

3. Pengasuhan Anak

Bicara soal pengasuhan anak ini sangat penting. Mengapa/ tidak banyak orangtua yang menganggap anak adalah suatu hal yang sepele, seperti sudah ada eyang atau baby sitter, sehingga anak itu menjadi ankeyang atau baby sitter, padahal sebagai orangtua memiliki tanggungjawab dalam mengasuh dan mengatur tumbuh kembang anak.

4. Konsekuensi Keuangan

Hadirnya anak turut mempengaruhi keungan orangtua, untuk itu sebaiknya bagi suami-istri memiliki penghasilan yang tetap untuk kebutuhan bayi, apalagi jika ada pengasuh yang membutuhkan biaya tambahan.

5. Banyak Menimba Ilmu

Dalam menyongsong hadirnya sang buah hati, tentunya penting bagi orangtua banyak membaca referensi mulai dari masa hamil hingga merawat bayi, atau bertanya dengan mereka yang sudah berpengalaman memiliki bayi.

Ambil contoh ketika istri sedang hamil ada hormon yang mempengaruhi emosi istri, bila suami tidak memahaminya akibatnya akan terjadi kesalahpahaman diantara mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar