PSIKOLOGY

Psikology anak haruslah di pahami oleh setiap pendidik (guru dan orang tua) karena disetiap individu anak memiliki berbagai macam karakteristik yang berbeda-beda yang akan berpengaruh dalam meningkatkan mutu pendidikan anak didik tersebut.
Apa komentarmu... !

PERKEMBANGAN ANAK

A. Pendahuluan
Perkembangan dalam psikologi merupakan konsep yang mengandung banyak dimensi. Dimensi dalam konsep perkembangan diantaranya adalah pertumbuhan, kematangan, dan perubahan.

B. Pengertian
Berdasarkan pendapat Chaplin 8j Seifert, Hoffnung, dan Syamsu Yusuf dapat ditarik kesimpulan umum bahwa perkembangan merupakan pertumbuhan yang semakin membesar, perubahan yang berlangsung terus-menerus, dan bersifat tetap dari fungsi-fungsi jasmani dan rohaniah yang dimiliki individu menuju ke tahap kematangan melalui pertumbuhan, kematangan dan belajar.
Adapun menurut A.E Sinolungan (1997) pertumbuhan menunjuk pada perubahan kuantitas yaitu dapat dihitung dan diukur seperti panjang dan berat tubuh. Dengan demikian, pertumbuhan dalam konteks perkembangan merujuk pada perubahan yang bersifat kuantitatif, yaitu peningkatan baik secara stuktur maupun ukuran.

C. Pendekatan Perkembangan
Ada beberapa pendekatan dalam mempelajari perkembangan individu, yaitu:

  1. Pendekatan Kognitif, kemampuan kognitif merupakan kunci dan yang membimbing tingkah aku anak. Pendekatan ini dapat dikatakan sebagai pendekatan konstruktivisme yang menjelaskan bahwa anak secara aktif menciptakan atau mengkreasi pengetahuan, artinya anak tidak pasif menerima pengetahuan.
  2. Pendekatan Belajar/lingkungan tokoh pendekatan ini adalah B.F.Skiner yang menyatakan bahwa anak akan mengalami perkembangan karena faktor belajar yang dikondisikan.
  3. Pendekatan etologis berakar pada usu biologis (Syamsu Yusuf,2005). Artinya pendekatan ini memperhatikan studi tentang penyebab evolusioner terhadap tingkah laku. Tokoh pendekatan ini adalah Lorenz dan Tinbeger.
D. ASPEK-ASPEK PERKEMBANGAN
Ada beberapa aspek untuk mengenali karakteristik anak ditinjau dari aspek perkembangan fisik, kognitif, emosi, bahasa dan sosial, mora, kepribadian dan kesadaran beragama disertai dengan perkembanganya, berikut penjelasanya: 

1. Perkembangan Anak
Definisi Anak
Beberapa ahli psikologi membagi tentang anak menjadi dua kelompok yaitu anak awal dan anak akhir. Masa awal anak-anak adalah secara umum kronologis ketika seorang berumur antara 2-6 tahun. Kehidupan pada masa ini dikategorikan sebagai masa bermain, karena pada masa ini banyak dihabiskan untuk bermain. Masa akhir anak-anak adalah pada 6-12 tahun, dimana masa ini sering disebut dengan amsa sekolah, memiliki ciri-ciri yaitu: Memiliki dorongan untuk keuar, keadaan fisik yang mendorong anak memasuki permainan dan pekerjaan yang membutuhkan keterampilan jasmani.


2. Karakteristik Perkembangan Anak